Kamis, 09 Januari 2014

PENGENALAN ALGORITMA



“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.  Sebenarnya kata kunci dari algorithm/algoritma adalah kata “logis”, karena langkah – langkah yang harus di susun dalam algoritma harus logis atau masuk akal karena kita harus menentukan nilai dari algoritma tersebut bernilai benar atau salah.
                Ada beberapa pertimbangan yang harus kita pertimbangkan dalam pemilihan algorithma yang kita buat agar dapat bermanfaat bagi kita maupun orang lain . di antara pertimbangan tersebut adalah.


1.       Algorithma yang kita buat haruslah benar. Maksudnya adalah algorithma yang kita buat tidaklah harus bagus yang penting benar dan dapat memberikan jalan keluar yang di kehendaki. Karena buat apa membuat algorithma yang sedemikian bagus jika tidak dapat memberikan solusi.
2.       Pertimbangan selanjutnya yang harus kita fikirkan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dapat dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini penting terutama pada algoritma untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya.
3.       Pertimbangan Ketiga adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut. Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.
Berikut adalah contoh algoritma.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar